Kamis, 28 Oktober 2010

Dasar pemasaran

1. Bentuk Usaha
              
            Bentuk usaha yang kami pilih adalah "Jasa Foto Copy" yang bernama Foto Copy Mas Ndoet. Foto copy mas Ndoet bertempat di Jl. Flamboyan indah blok LC No.4 . Usaha ini berdiri sejak tahun 2000. 
            Setelah kami meninjau  ke beberapa jasa foto copy, kami melihat dan membandingkan bahwa foto copy mas Ndoet-lah yang paling murah dan diminati oleh banyak orang, terutama anak - anak sekolah karena harganya sesuai dengan kantong anak sekolah. Cara pemasarannya hanya dari mulut ke mulut saja. Banyak yang rela antri hanya untuk memfoto copy. Selain harganya yang murah, mas Ndoet juga bersedia mengantarkan hasil foto copy itu ke rumah pelanggan jika pelanggan tidak bisa datang untuk mengambil hasil foto copy-an.



2.  Analisis Lingkungan
     
     1. Kekuatan  
  • Modal kepercayaan diri
  • Pelayanan yang baik dan memuaskan
  • Memberikan hasil yang memuaskan
  • Hasil foto copy dapat di antar
  • Harga lebih murah
      2. Kelemahan
  • Banjir saat musim hujan
  • Tempat parkir sempit
  • disekitar penjualan terdapat usaha foto copy
  • Lokasi yang kurang nyaman, karena di pinggir jalan

      3. Peluang
  • jika harga tetap dipertahankan maka para pelanggan akan semakin bertambah
  • jika mas ndoet masih melakukan persaingan secara sehat maka pelanggan akan tetap setia
  • Menaikkan kios agar tidak terkena banjir
  • Dengan penambahan pegawai, dapat mengantarkan hasil foto copy lebih cepat
  • Membeli alat transportasi

      4. Ancaman
  • Disekitar lokasi penjualan terdapat usaha foto copy
  • Barang dagangan terkena banjir
  • persaingan yang tidak sehat yang dilakukan oleh usaha foto copy yang ada disekitarnya
  • Kurangnya promosi 
  • Terkena gusur karena ada di pingir jalan

Selasa, 26 Oktober 2010

Penghantar Bisnis

- Pengertian bisnis : Suatu kelompok perusahaan yang memproduksi barang yang sama, untuk pasar yang sama pula.sedanng perusahaan itu sendiri tidak selalu mengunakan material atau proses produksi yang sama dengan lainnya.
- Prinsip-prinsip dasar bisnis adalah
  1.Efisiensi
  2. Prestasi
  3. Pendekatan yang rasional
  4. Manajemen
  5. Hubungan-hubungan yang formal .
-Pokok-pokok kegitan bisnis :
1. Perdagangan ( melalui pedagang )
2. Pengangkutan ( dengan alat transport )
3. Penyimpanan ( sampai barabg terjual )
4.Pembelanjaan ( melalui bank atau kreditur )
5. Pemberian informasi ( lewat promosi )
-Pengertian perusahan : Suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan
-Macam-macam usaha produksi
  1. Produksi langsung : - produksi primer & produksi sekunder
  2.Kegiatan yang membantu produksi langsung yang meliputi Perdagangan ( perdagangan kecil, impirt dan eksport seperti distribusi perbankan , perasuransian , penelitian pasar , dan periklanan,
  3. Produksi tidak langsung
- Faktor - Faktor produksi
a. Manusia
b. uang
c.material
d..metode
-